Pemandu wisata yang super gaul.

Sekedar berbagi cerita
Oleh: Dus Fotografer

Pemandu wisata (Tour Guide) adalah seseorang yang bertugas memberikan bimbingan atau pendidikan tentang kepariwisataan kepada masyarakat di setiap tempat kunjungan wisata agar mereka bisa mengerti apa tujuan dan keuntungan dari kedatangan tamu asing ke kampung mereka seperti dengan menjual produk-produk lokal/ kerajinan tangan, tarian tradisional dan cara membuat/proses tenun ikat, anyam bakul dan lain sebagainya yang membuat tamu betah tinggal lebih lama dan mereka sangat menikmati dan tentunya tamu akan membeli sesuatu jika membuatnya sangat tertarik dan sangat membutuhkannya.

Pemandu wisata juga bertugas sebagai penjelasan dan petunjuk tentang obyek wisata serta membantu keperluan wisatawan selama mengunjungi di suatu daerah atau tempat kunjungan wisata dalam hal ini yang paling utama adalah keamanan tamu dan membuat tamu bahagia.

Seseorang disebut pemandu wisata berarti dia sudah memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, minimal lulusan sekolah menengah industri pariwisata. Selain memiliki keterampilan bahasa asing yakni bahasa Inggris atau bahasa asing negara asal wisatawan, dia harus mengetahui antara lain latar belakang sejarah adat istiadat, dan struktur sosial dari masyarakat di daerah tujuan yang akan mereka kunjungi.

Pemandu wisata harus memililki 7 kepribadian yaitu 
1.Baik
2.Jujur
3.Ramah
4.Sabar
5.Pintar
6.Sehat jasmani dan rohani
7.Rendah diri atau tidak sombong.

Pekerjaan sebagai pemandu wisata atau disebut juga Tour Guide tidaklah mudah dalam menjalankan tugasnya, pelayanan jasa pariwisata adalah sangat kompleks, namun tidak bisa dipungkiri bahwa dalam memberikan pelayanan (guiding) kepada wisatawan baik dari mancanegara maupun domestik, pemandu wisata terkadang selalu mengalami tantangan, kendala dalam perjalanan, mendapat keluhan dari wisatawan yang mereka handle.

Tantangan dan kendala yang sering dialami oleh pemandu wisata yaitu infrastruktur yang kurang memadai, seperti jalan raya menuju tempat wisata rusak, listrik di penginapan selalu padam, flight sering cancel atau delay, pelayanan di hotel dan restaurant yang kurang ramah, kamar Hotel yang kotor, sampah bertumpukan di tepi jalan dan berserahkan di mana-mana dan lain sebagainya. 

Hal-hal tersebut di atas selalu dialami oleh teman-teman yang berprofesi sebagai pemandu wisata di tanah air, menyedihkan sekali dan membuat perjalanan wisata tersebut terganggu.

Aku bangga dilahirkan di Indonesia dan sebagai orang Indonesia, karena negara Indonesia sudah dikenal dan dikunjungi banyak orang terkenal di dunia. Tetapi tidak bisa menutup kemungkinan untuk malu ketika tamu-tamu yang berkunjung ke Indonesia tertawa sinis melihat kondisi di beberapa tempat kunjungan wisata di tanah air yang masih amburadul, ini adalah permasalahan yang sangat fatal bagi wisatawan dan harus segera diselesaikan. 
Kalau bisa dijalankan dengan baik maka pariwisata di Indonesia pada umunya akan tetap bersinar dan masyarakat yang ada disetiap daerah kunjungan wisata niscaya akan hidup sejahtera.