Makanan tradisional orang Manggarai Flores Barat - Nusa Tenggara Timur. Indonesia

Oleh: Dus Fotografer

Tepung dari Jagung dan Beras setelah diolah sedemikian rupa adalah salah satu jenis makanan tradisional orang Manggarai yang mendiami wilayah bagian barat dari pulau Flores Nusa Tenggara Timur. Makanan tradisional ini disuguhkan kepada tamu yang berkunjung ke rumah mereka dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengolah Jagung atau Beras menjadi tepung yang diinginkan, melalui proses yang cukup komplikasi, sehingga untuk menyebutkan namanya di dalam bahasa Manggarai cukup sulit mengejakannya seperti: Wengu, Rebok, Wu,u, Wengu Teghak, Wengu Lenga, Wengu Ndawa dan Jojong, yang artinya tepung dari Jagung dan Beras yang telah diproses sedemikian rupa.
Berikut ini saya coba menjelaskan cara pembuatannya:
A. Wengu ndawa, wengu teghak, wengu lenga, semua bahan dasar dari Jagung. Carilah Jagung yang berkwalitas bagus, dan jika ingin menghasilkan aroma yang lebih menusuk sum-sum kepala, gunakan Jagung yang baru panen/ masih segar, lalu digoreng menggunakan kuali dari tanah tanpa minyak. Hati-hati pada saat menggorengnya jangan sampai hangus, kondisi Jagungnya harus garing agar memudahkan untuk ditumbuk.
Setelah ditumbuk halus, lalu ditampih, ambil tepung yang paling halus, dan yang masih kasar ditumbuk lagi. Setelah menghasilkan tepung yang kita inginkan, untuk menghidangkannya boleh dicampur dengan gula merah atau gula pasir. Untuk menjadikan warna yang lebih kelihatannya kuning boleh dicampur kunyit sedikit lalu ditumbuk bersama jagungnya melalui proses dari awal.

B. Wengu dari Beras :
Cari Beras warna putih yang berkwalitas bagus lalu direndam beberapa menit kedalam air secukupnya, jika berasnya sudah agak lembek lalu dikeringkan, kemudian ditumbuk atau digiling sampai menjadi tepung. Setelah ditumbuk lalu dikukus beberapa menit dengan menggunakan periuk tanah, setelah matang baru diangkat lalu didinginkan. Setelah dingin lalu digoreng campur dengan kelapa yang diparut, kalau bisa menggorengnya dengan menggunakan kuali yang terbuat dari tanah sampai garing dan mengeluarkan aroma yang menusuk hidung. Pada saat menghidangkannya baru dicampur dengan gula pasir atau gula merah.

C. Jojong dari Jagung.
Caranya : Carilah Jagung yang berkwalitas bagus lalu ditumbuk hanya untuk mengeluarkan kulit arinya, lalu ditampih dan ampasnya dibuang, kemudian jagungnya direndam beberapa jam kedalam baskom/panci dengan air secukupnya. Jika jagungnya sudah lembek baru ditumbuk sampai menjadi tepung. 

Siapkan tanang yang terbuat dari bambu, masukan tepung jagung kedalam tanang lalu dikukus dengan menggunakan periuk tanah. Kalau sudah matang baru boleh diangkat dan dituangkan pada tempat yang besar dan lebar, lalu dipotong menjadi beberapa bagian yang diinginkan dan hidangkan dengan sayur daun labu atau daun kastela.
Selamat mencoba dan semoga sukses menikamti makanan tradisional orang Manggarai Flores - Nusa Tenggara Timur. ( Dus Fotografer4255ps ).