Warga aseli Jerman sangat menyukai Kucing dan Anjing

Sekedar berbagi cerita.
Oleh: Dus Fotografer.


Di Eropa hampir sebagian penduduknya sangat menyukai hewan peliharaan seperti Anjing dan Kucing, terutama anak kecil dan usia remaja, dan kadang-kadang di setiap rumah penduduk memiliki dua sampai tiga ekor Kucing atau Anjing. 


Keseharian mereka sangat harmonis dengan pemiliknya, hewan peliharaan itu disuntik anti dari segala penyakit/vaksinasi dan ada juga yang disteril untuk tidak meneruskan keturunan. Maksud dari vaksinasi disini agar penyakit yang ada pada hewan tersebut tidak menular pada manusia yang ada di sekitarnya.

Kucing dan Anjing tersebut memiliki identitas dengan pemasangan chip di leher, dengan maksud jika suatu saat mereka menghilang dari rumah, dan ada orang yang menemukannya dalam keadaan sakit, segera melaporkan ke dokter hewan terdekat/dokter khusus untuk binatang peliharaan.

Di setiap klinik khusus untuk hewan di Eropa selalu ada alat untuk scan chip yang ada pada leher kucing untuk mengetahui siapa namanya dan siapa pemiliknya. Kami memelihara dua ekor Kucing di rumah, keduanya kami berikan nama yang mudah diingat dan didengar oleh mereka ketika kami memanggilnya, nama mereka yaitu: Sayang dan Cinta, "Sayang"jenis kelamin betina dan "Cinta" jenis kelamin jantan.


Pertama sekali memelihara Kucing aku belum mengenal karakternya/sifat dari seekor Kucing. Jujur saja aku belum begitu suka, karena membuang kotorannya di sembarang tempat. Akan tetapi lama kelamaan setelah aku mencoba untuk mengajar dan mempelajari sifat serta gerakannya, sekaligus berteman dengan mereka, aku merasa semakin sayang yang akhirnya aku sangat mencintai mereka. 

Ada banyak orang yang mengalami alergi dari buluh Kucing bila tidak cocok dengannya, bukan berarti mereka membenci, mereka mencintainya dari hati namun tidak berani menyentuhnya. Sudah banyak sandiwara yang dimainkan oleh mereka untuk menarik perhatian kami. Gerakannya yang lincah membuatku kadang tertawa sendiri, sangat senang melihat mereka bersahabat dan bermain dengan teman dekatnya. 

Aku yakin siapapun yang menyukai hewan jenis ini akan mengalami hal yang sama seperti apa yang aku rasakan. Lebih menarik dan menggemaskan pada saat mereka masih kecil. Aku suka memandang disaat induknya memberikan pelajaran cara menangkis dan memukulnya. Terus terang aku selalu terhibur olehnya, bukan tubuhnya yang kecil, tapi gerakannya yang lucu.

Kita akan membenci Kucing bila melihat mereka lagi menyantap makanan yang berbau busuk, seperti Tikus mati, dan jenis hewan lainnya. Sebenarnya semua itu hanyalah sebuah cara dari Kucing agar kita lebih memperhatikan mereka. Jangan heran kalau hati kita akan terketuk bila menemukan seekor Kucing yang mati di jalan, karena itu adalah perasaan hati yang saling mencintai sesama makhluk hidup di sekitar kita. 

Kucing adalah hewan kesayangan bagi setiap orang yang menyukainya. Ada banyak orang yang memelihara Kucing tapi tidak mencintainya dengan sepenuh hati, karena apapun bentuknya bahwa Kucing tetap dianggap seekor binatang. 

Para penggemar hewan mengatakan bahwa Kucing adalah salah satu jenis hewan yang selalu menghiburi tuannya dengan beragam cara, yaitu dengan menggerakan beberapa bagian anggota tubuhnya, seperti gerakan ekor, mata, telinga, kaki, dan membawa Tikus atau Burung kedalam rumah sebagai hadiah untuk kita yang menjaganya. Namun teramat sayang banyak pemelihara yang tidak dapat mengerti dan merasakannya, karena sedikit sulit untuk membaca apa maksud dari semua gerakan itu. ( Ig/Fb.Dusfotografer )