Selamat datang ke pulau Flores-Nusa Tenggara Timur. Indonesia

Oleh: Dus Fotografer
Labuan bajo Flores Barat.
Pulau Flores adalah salah satu pulau terbesar yang ada di Nusa Tenggara Timur. Indonesia, sebuah pulau yang selalu setia didampingi oleh laut dan pantai pasir putih yang membentang luas, yang dibungkus oleh hutan rimba dengan beraneka habitat di dalamnya.

Sebuah pulau yang selalu memberikan kesejukan hati oleh air terjun, danau air tawar, mata air yang bening dan aliran sungai yang panjang dan bersih.

Sebuah pulau yang selalu dihiasi oleh beraneka ragam bunga yang bermekar ria pada musimnya, sebuah pulau yang selalu ditemani oleh pegunungan, bukit dan lembah dengan panorama yang menjanjikan para pengunjung untuk betah memandang dan merindukan jika menjauh darinya. 

Boleh dikatakan di sanalah tempat wisata yang paling menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara dan yakin anda tidak akan merasa kesepian karena selalu terhibur dengan keramahtamahan orang-orang yang ada di setiap tempat kunjungan wisata.

Kondisi jalan di pulau Flores menelusuri lereng pegunungan yang penuh dengan liku-liku. Maklum pulau ini ditumbuhi oleh banyak gunung, pusat gunung berapi terbanyak di Indonesia jika dibandingkan dengan di pulau lain. Untuk mencapai ke pulau Flores anda bisa menempuhnya melalui laut, darat maupun udara. 

Penerbangan dari Bali ke Flores sangat lancar, sehari ada dua kali (waktu pagi dan sore hari dengan 3 penerbangan yang berbeda )melalui bandar udara komodo Labuan Bajo Flores Barat dan bandar udara Frans Seda Maumere Flores Timur. ( Jika dibandingkan dengan 5 tahun sebelumnya hanya 3 kali dalam seminggu ).


Sawah berbentuk sarang Laba-laba
Pemandangan alam dari atas pesawat sangat indah, anda akan melihat pulau-pulau kecil seperti: Pulau Komodo, pulau Rinca, Pulau Kelor, pulau Kanawa, pulau Sabolo, Pulau Papagaran, pulau Sebayur, pulau Bidadari, pulau Mesa, pulau Padar, pulau Pungu, pulau Kusan, pulau Monyet dan pulau Bajo, semua tertancap indah di antara selat dan lautan yang mengelilingi pulau Flores. 
Sepanjang perjalanan baik dari arah timur maupun barat, anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah serta rumah-rumah adat yang sangat sederahana dengan beratap ijuk dan rumput ilalang.

Hanya di Pulau Flores anda bisa melihat Gua Homo Florencies di Liang Bua Ruteng Manggarai, anda juga akan menemukan danau tiga warna: Merah, Putih dan Biru, yaitu di kampung Moni Kelimutu yang letaknya tidak seberapa jauh dari kota Maumere dan kota Ende. Hewan jenis Komodo mungkin anda bisa jumpa di berbagai national park di belahan bumi ini, namun binatang purba Komodo yang ada di pulau Flores tidak sama dengan yang anda pernah lihat di tempat lain, sungguh jauh berbeda. 


Keletihan selama perjalanan akan berkurang ketika anda berada di atas puncak kelimutu ( Kab.Ende ), Gunung Inerie di kabupaten ngada, puncak ranaka di Ruteng Manggarai Flores Barat dan gunung egon di Maumere kabupaten Sikka, di sana akan terlihat jelas persawahan, kebun kopi, hutan cengkeh, tanaman coklat dan hutan kelapa milik penduduk desa yang terbentang luas.


Danau Tiga Warna Kelimutu
Indahnya perkampungan adat yang letaknya di antara bukit dan lembah membuat anda betah memandang dan pasti rasa ingin untuk mendekati dan menikamati suguhan sirih pinang dan tembakau yang ada di dalam kampung'pun ada.

Keindahan desa, keceriaan dan keramahtamahan penduduk selalu menjadi energi baru dan ini akan menambah gairah rasa ingin tahu kita dalam kejenuhan dan kelelahan saat perjalanan tour bila mengelilingi pulau ini.

Di setiap kampung adat selalu menyuguhkan ritual tradisional sepanjang tahun, pemandangan semacam ini sebagai salam perkenalan pulau Flores yang tak terhampar kesepian. Sekedar info: Ada 3 wilayah atau tempat yang udaranya dingin di pulau Flores yaitu: 1. Ruteng kabupaten Manggarai suhu udaranya berkisar 18 - 31 derajat C. 2. Bajawa kabupaten Ngada suhu udaranya berkisar 15 - 30 derajat C. 3. Moni Kelimutu suhu udaranya berkisar 14 - 28 derajat C. ( Dus Fotografer109p ). Frankfurt am Main. Germany.