Makanan khas/Tradisional orang Manggarai Flores Barat - Nusa Tenggara Timur.

Oleh: Pariwisataboy
Tepung dari Jagung atau Beras setelah diolah sedemikian rupa adalah salah satu jenis makanan tradisional orang Manggarai yang mendiami wilayah bagian barat dari pulau Flores Nusa Tenggara Timur. Makanan tradisional ini disuguhkan kepada tamu yang berkunjung ke rumah mereka dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengolah jagung atau beras menjadi tepung yang diinginkan, melalui proses yang cukup komplikasi, sehingga untuk menyebutkan namanya didalam bahasa Manggarai-pun cukup sulit meng-ejakannya seperti: Wengu, Rebok, Wu,u , Wengu Teghak, Wengu Lenga, Wengu Ndawa dan Jojong, yang artinya tepung dari jagung dan beras yang telah diproses sedemikian rupa. Berikut ini saya coba menjelaskan cara pembuatannya:
a. Wengu ndawa, Wengu Teghak, Wengu Lenga, semua bahan dasar dari Jagung. Carilah jagung yang berkwalitas bagus, dan jika ingin menghasilkan aroma yang lebih menusuk sum-sum kepala, gunakan jagung yang baru selesai dipanen ( Jagung yang masih segar ) Lalu digoreng tanpa minyak dengan menggunakan kuali dari tanah, Hati-hati pada saat menggorengnya, jangan sampai hangus ( Setengah matang namun kondisi jagungnya garing agar memudahkan untuk di tumbuk )kemudian ditumbuk sampai halus.

Lalu ditampih dengan menggunakan alat penampih beras. Ambil tepung yang paling halus, dan yang kasar ditumbuk lagi. Setelah menghasilkan tepung yang kita inginkan, untuk menghidangkannya boleh dicampur dengan gula merah atau gula pasir. Untuk menjadikan warna yang lebih kelihatannya kuning boleh dicampur kunyit sedikit lalu ditumbuk bersama jagungnya melalui proses dari awal.

b. Wengu dari Beras :
Cari beras warna putih yang berkwalitas bagus lalu direndam beberapa menit kedalam air yang secukupnya, jika berasnya sudah agak lembek lalu dikeringkan, kemudian ditumbuk atau digiling sampai menjadi tepung. Setelah ditumbuk lalu dikukus beberapa menit dengan menggunakan periuk tanah, setelah matang baru diangkat lalu didinginkan. Setelah dingin lalu digoreng campur dengan kelapa yang telah diparut, kalau bisa menggorengnya dengan menggunakan kuali yang terbuat dari tanah sampai garing dan mengeluarkan aroma yang menusuk hidung. Pada saat menghidangkannya baru dicampur dengan gula pasir atau gula merah.

c. Jojong ( dari jagung).
Caranya : Carilah jagung yang berkwalitas bagus lalu ditumbuk hanya untuk mengeluarkan kulit arinya, lalu di tampih dan ampasnya dibuang, kemudian jagungnya direndam beberapa jam kedalam baskom/panci dengan air secukupnya. Jika jagungnya sudah lembek baru ditumbuk sampai menjadi tepung. Siapkan tempat dari bambu  ( Tanang )  Masukan tepung jagung kedalam bambu/tanang lalu dikukus dengan menggunakan periuk tanah. Kalau sudah matang baru boleh diangkat dan dituangkan pada tempat /Piring yang lebar dan besar ( Dulang atau boleh juga  nyiru dalam bahasa daerah setempat ) Lalu dipotong - potong menjadi beberapa bagian yang diinginkan dan hidangkan dengan sayur daun labu/ kastela.

Selamat mencoba dan semoga sukses menikamti makanan tradisional orang Manggarai Flores. NTT.-Dff-
Pariwisataboy - Frankfurt am Main. Germany